Membuat Router Sederhana Di Windows XP

Banyak jenis router yang pernah saya dengar, seperti Mikrotik, Router dari Linuk A, Linuk B dan yang lainnya. Namun mungkin karena belum pernah belajar tentang itu maka saya belum bisa membangun sebuah router dari mikrotik maupun linuk.

Oleh karena itu, selama ini saya mencoba mengganti router Mikrotik maupun Linuk dengan mendesain router sederhana di Windos XP. Karena di XP tidak memerlukan pengetahuan yang wah dalam mendesain routernya. Yang dibutuhkan agar XP bisa digunakan sebagai Router adalah seperangkat PC yang memiliki 2 buah kartu jaringan atau LAN Card. Lan card ini nantinya berfungsi segai Input serta Output router nantinya.

Baginilah yang saya lakukan bila saya mendesain router di Windos XP.

Pertama masuklah ke jendela propertis lan, caranya masuk ke Control Panel => Network and Internet Connections => Network Connection => Klik dua kali salah satu gambar Local Area Connection (ingat LAN yang nantinya akan digunakan sebagai input router). Setelah itu akan muncul tampilan propertis LAN seperti ini :

Klik tombol Propertis agar tampilan seperti ini...

Setelah itu pilih Anvanced...

Beri Checklish pada "Allow Other network users to connect throught this computer's Internet connection."

Klik tombol Setting bagian bawah maka akan muncul menu ini...

Beri Checklish pada Services yang ada.... "kecuali anda mengerti silakan pilih beberapa"
Tampilan yang ada setiap kali memberi Checklish, pilih ok.

Setelah terchecklish semua pilih Ok untuk menutup menu ini....


Begitulah setting yang dilakukan bila ingin membuat router sederhana di windows XP. Bila setting telah selesai maka gambar LAN akan tampil seperti ini...

Gambar LAN yang di setting seperti diatas akan terlihat di Share... dan LAN yang lainnya secara otomatis akan terisi IP 192.168.0.1 yang nantinya dijadikan Gateway untuk komputer-komputer client yang lainya. Sedangkan LAN yang di share dapat di isi dengan IP dari ISP yang digunakan.

Semoga bermanfaat....
Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Anonymous
AUTHOR
Tuesday, 04 August, 2009 delete

manfaat banget...
thanks ya...

Reply
avatar