Perintah Dasar Mikrotik

Mungkin sudah banyak sekali yang menuliskan tutorial tentang mikrotik. Yach walaupun sudah banyak yang membuat tutorial ini dan mungkin sudah banyak pula yang menggunakan mikrotik tak apalah, saya hanya ingin mengarsipkan apa yang pernah saya pelajari dan mudah-mudahan juga ada manfaatnya.

Ok dech ini rangkuman yang saya dapat dari dua hari belajar sendiri mikrotik.
  1. /system identity . /system identity digunakan untuk mengetahui identitas pengguna mikrotik. Kita dapat default identity dari mikrotik adalah dengan cara mengetikkan perintah /system identity print, maka secara default system identity dari mikrotik adalah Mikrotik. Jika kita ingin menggantinya kita dapat mengetikkan perintah /system identiry edit, dan ketikkan identity yang kita inginkan selanjutknya tekan ctrl+o untuk menyimpan. 
  2. /interface. /interface digunakan untuk mengetahui interface yang terpasang pada komputer yang di instal mikrotik. Untuk melihat jumlah dan nama interface yang terpasang kita bisa mengetikkan /interface print, maka akan muncul interface-interface yang terpasang pada komputer tersebut. Untuk mengganti nama interface kita bisa melakukannya dengan mengetikkan perintah /interface set 0 name=public (mengganti nama interface number 0 dengan public).
  3. /system shutdown. /system shutdown adalah perintah yang digunakan untuk mematikan komputer mikrotik.
  4. /system reboot. /system reboot adalah perintah yang digunakan untuk merestart komputer mikrotik.
  5. /sytem reset-configuration. /system reset-configuration digunakan untuk mereset konfigurasi yang sudah dilakukan pada komputer mikrotik.
 Mungkin baru ini saja yang saya pelajari dari dua hari belajar sendiri mikrotik.
Previous
Next Post »