Klarifikasi Kemelut TKJ

Ternyata TKJ selama pelaksanaan Uji Kompetensi menjadi sebuah topik hangat yang diperbincangkan. Dari beberapa bisik-bisik yang pernah saya dengar ada beberapa masalah yang dijadikan topik dalam sebuah pembicaraan guru-guru SMK Negeri 2 Kalianda. Yang pertama yang saya dengar, kenapa tidak semua guru produktif dilibatkan sebagai penguji Uji Kompetensi TKJ. Yang kedua honor dari masing-masing penguji dan yang terlibat dalam Uji Kompetensi.

Hem... saya hanya ingin mengklarifikasi beberapa isu/topik yang menjadi gunjingan tentang TKJ.

Yang pertama topik tentang "Kenapa tidak semua guru produktif dilibatkan sebagai penguji pada Uji Kompetensi TKJ"
Menurut saya :
Pada UK kali ini TKJ mengambil paket 1 yaitu membangun gateway internet (membangun router dan proxy server) dengan syarat OS yang digunakan adalah Linuk. Berdasarkan keputusan rapat jurusan untuk paket ini TKJ menyepakati untuk menggunakan OS Mikrotik 4.5 sebagai system operasi yang digunakan pada saat UK. Hal ini dipilih karena selama ini Mikrotiklah yang sudah diajarkan.
Masalah tidak semua guru produktif dilibatkan (ada 5 guru produktif) hal ini lebih dikarenakan tentang kompetensi dari penguji. Kan tidak mungkin seorang penguji tidak kopeten dalam hal ini. Jadi menurut saya hal inilah yang mendasari kenapa hanya 3 dari 5 guru produktif TKJ yang dilibatkan sebagai penguji UK. 

Untuk yang Kedua :
Menurut saya :
Memang di TKJ saat UK tidak dibentuk suatu kepanitian kecil tentang UK, yang ada hanya penguji dan penanggungjawab Lab (toolman). Hal ini saya juga kurang paham kenapa tidak ada kepanitian kecil tentang UK, tapi "mungkin" memang selama ini tidak ada kepanitian kecil untuk masalah UK. Masalah insentif penguji sayapun tidak berani angkat bicara, karena saya bukan penguji. Tapi saya akan angkat bicara saat pembagian insentif penanggungjawab lab.
Selama UK saya selaku penanggungjawab lab memang tidak dihitung layaknya seorang penguji per harinya. Namun ada satu point yang memberatkan saya untuk melaksanakan tugas saya sebagai penanggungjawab lab yaitu tentang maintenaince and rapairing komputer yang digunakan uji komptensi. Sebelum UK semua komputer dalam kondisi ready/siap digunakan tapi dengan adanya UK maka semua komputer diformat dan diinstall dengan aplikasi server. Selain itu susunan ruangan juga berubah. Hal inilah yang saya utarakan kepada ketua jurusan, bahwa saya tidak sanggup melaksanakan tugas tersebut jika pendanaanya tidak sesuai. Dan ini sudah saya sampaikan ke ketua jurusan.

hem... mungkin hanya itu yang bisa saya klarifikasi. Jika kira-kira ada yang dirugikan dari klarifikasi saya silakan temui saya, atau jika ada yang kurang puas dengan klarifikasi dari saya pribadi silakan menghubungi masing-masing person yang terlibat dalam UK.
Mari kita duduk dan bicara. 
Previous
Next Post »

4 comments

Write comments
Anonymous
AUTHOR
Wednesday, 09 March, 2011 delete

Terus tugas toollman yang dibayar setiap bulan tu apa?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Wednesday, 09 March, 2011 delete

hem..... kok anonim sich yang comment???? tunjukkan donk identitasnya...

ini hajat uji kompetensi gan... semua jurusan juga sama...
yang toolman bulanan juga sama dengan guru yang lain ada bulanan
tapi kalo guru nguji pas uji kompetensi kan honornya beda juga...

jangan anonim donk kalo comment... lempar batu sembunyi tangan banggget dech

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
Monday, 23 May, 2011 delete

sabar bli.............

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Thursday, 26 May, 2011 delete

yups... semuanya sudah beres kok

Reply
avatar