PANCA SATYA

Kesetiaan dalam Hindu merupakan sebuah ajaran agama yang wajib kita amalkan. Kesetiaan di kelompokkan menjadi lima jenis yang lebih sering di sebut dengan Panca Satya. Kesetiaan dalam hidup merupakan hal yang sangat penting karena dengan kesetiaan kita bisa memperoleh sebuah kepercayaan yang mungkin tidak semua orang memilikinya. Kesetiaan itu muuncul bukan dari orang lain kesetiaan timbul dari diri kita sendiri jadi bagaimana cara kita untuk memupuk kesetian itu.
Dalam Hindu kesetian di bagi menjadi lima bagian yaitu :
  1. Satya Semaya
  2. Satya Herdaya
  3. Satya Mitra
  4. Satya Wacana
  5. Satya Laksana
1. Satya Semaya, artinya setia kepada sumpah ataupun janji.

2. Satya Herdaya, ini adalah kesetiaan kita pada diri kita sendiri pada kata hati kita. Kadang kita sering lupa apa yang ada dalam kata hati kita dan terkadang mengabaikan bisikan hati yang paling dalam. Ingatlah kata hati adalah penuntun mu jadi mulailah setia pada kata hatimu. Niscaya penyesalan akan berkurang jika kita telah berjalan sesuai dengan kata hati.

3. Satya Mitra, teman…. mereka adalah bagian penting dalam hidup kita. Dengan adanya teman kita bisa sedikit berbagi segala suka duka, kelu kesah. Teman sejati akan selalu ada dalam segala suasana hati. Jadi kita pun perlu setia pada teman kita. Ingat kita tak bisa hidup sendiri di dunia ini karena kita mahkluk sosial dan selalu membutuhkan bantuan orang lain, terutama seorang teman. Jadi setialah pada teman anda jangan pernah kecewakan mereka.

4. Satya Wacana, kita sering mendengar kata wacana, banyak sekali yang terlihat dalam kenyataan orang lupa akan apa yang telah ia ucapkan “wac” dan ini sudah sangat banyak. Dalam sebuah pemerintahan banyak cerminan orang yang hanya bicara dan tidak setia pada apa yang telah ia ucapkan, dan banyak contoh-contoh lain yang bisa kita jadikan cermin bahwa kesetian dalam perkataan masih sangat kurang. Jadi mulai sekarang belajarlah untuk setia pada perkataan anda. Jangan hanya berjanji.

5. Satya Laksana, laksana atau perbuatan. Kitapun harus setia pada apa yang telah kita lakukan atau perbuat. Seperti hari ini kita telah melakukan sebuah perbuatan yang mungkin belum selesai, kita harus setia pada apa yang kita lakukan hingga pekerjaan itu terselesaikan. Adapun perbuatan-perbuatan kita yang lain yang pernah kita lakukan kita harus setia dan berani untuk mengakuinya serta bertanggung jawab akan akibat yang ditimbulkan. Ingat ada sebab ada akibat, jadi mulailah setia.

Jadi kesetian sangatlah berarti dalam kehidupan kita karena kesetiaan merupakan modal paling sulit untuk di dapat. Awalilah setia pada diri anda sendiri.
Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
Wednesday, 12 January, 2011 delete

atas dasar apa atau sumbernya darimana anda menyebutkan bahwa satya semaya sebagai setya kepada tuhan?
setahu saya satya semaya artinya setia kepada janji..semaya:janji

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
Saturday, 15 January, 2011 delete

mohon maaf atas kekeliruan saya pada posting ini,
terimaksih telah di ingatkan, sekali lagi saya mohon maaf,

Reply
avatar