Mengamankan Web Joomla dari Spam

Siapa yang tidak kesal dengan spam? Spam tidak hanya menyerang email, tapi juga menyerang situs-situs termasuk situs joomla. Pada situs joomla spam biasanya terjadi pada komentar atau juga pada registrasi.Kali ini kita akan coba mengimplementasikan ReCapthca di situs Joomla kita. Recaptcha ini sepertinya lumayan ampuh untuk melindungi situs kita dari ulah para spammer.

Recaptcha adalah sebuah sistem antispam gratis. Saya rasa tak perlu menjelaskan panjang lebar tentang ReCaptcha ini, Anda bisa langsung buka di situsnya. Dan mendaftarnya sekaligus untuk mendapatkan Public Key dan Private Key untuk situs Anda. Jika anda memiliki beberapa domain, cukup mendaftar sekali saja dan pergunakan key yang sama. Cukup centang Enable this key on all domains (global key) pada saat pendaftaran.

Pada joomla kita bisa menambahkan recaptcha dengan menginstalkan sebuah componen yaitu Alpharegistration.  Install komponen ini pada joomla dan configrasi public key dan private key yang di dapatkan setelah melakukan registrasi di situs recaptcha. Jangan lupa untuk meng-enablekan componen ini agar recaptcha bekerja pada componen regsitrasi bawaan dari joomla.

Selamat mencoba.
Previous
Next Post »