Step by Step Install Joomla 1.5.x di 000webhost

Melanjutkan posting saya sebelumnya tentang cara install joomla online di 000webhost. Dari beberapa yang mengadu ke saya ternyata masih banyak yang mengalami masalah pada saat melakukan install joomla di 000webhost. Mudah-mudahan dengan tulisan yang saya buat kali ini bisa sedikit membantu dalam mencoba menginstall joomla 1.5.x di 000webhost.

Hem.. langsung ajah dech, asumsi bahwa anda sudah memiliki account serta domain di 000webhost.
Step 1 :
Masuklah ke member area 000webhost, dan login menggunakan account yang anda miliki.
 Step 2 :
Masuk ke Cpanel account anda dengan mengklik tulisan Go to Cpanel yang ada disebalah status domain anda.
Step 3 :
Jika anda sudah berada di CPanel account anda, silakan cari Menu File Manager dan klik untuk masuk ke File manager. Gunakan account dan password yang anda punya.
Step 4 :
Setelah anda berada di Cpanel klik public_html, maka anda akan masuk tempat untuk mengupload semua folder dan juga file joomla. Jika default.php masih ada dalam folder public_html anda bisa langsung menghapusnya terlebih dahulu.
Step 5 :
Selanjutnya anda bisa mengupload semua file serta folder joomla di direktori public_html. Sayangnya 000webhost tidak bisa mengupload sekali semua file serta folder joomla karena kapasitas maksimum upload yang diijinkan hanya 5 MB sedangkan folder serta file joomla kapasitanya sekitar 6 MB. Cara yang saya gunakan untuk mengakali adalah dengan men-zip satu persatu folder-folder joomla seperti administrator, cache, template dan lain-lainya. Setelah semua folder joomla dizip anda bisa mengupload beberapa folder zip tapi jangan melebihi 5 MB.
Upload folder yang di zip.

Upload file.

Semua folder dan file joomla yang sudah diupload di public_html. 


Step 6 : 
Setelah semua folder dan file joomla terupload langkah selanjutnya adalah menyiapkan database untuk joomla anda. Caranya adalah dengan mengklik/masuk ke menu Mysql yang ada pada Cpanel anda. 
 Isi database_name, database_user dan juga password database, selanjutnya klik create database.

database yang berhasil dibuat (biarkan tetap terbuka atau anda copy paste tampilan karena nantinya akan digunakan saat install joomla).

Step 7 :
Selanjutnya anda bisa membuka tab baru pada browser anda dan ketikkan domain yang anda punya atau gunakan di 000webhost. Sebagai contoh saya gunakan domain belajarweb.netne.net.
Tampilan pertama kali saat kita buka domain kita di browser. Ini adalah tahapan pertama installasi joomla. 

Tahap kedua install joomla.

Tahap ketiga install joomla.

Tahap keempat install joomla. Isikan hostname, database_name, database_user dan juga password yang anda buat pada langkah sebelumnya (jangan sampai salah antara database_user dan database_name).

Tahap kelima install joomla.

 Tahap keenam install joomla. Jangan lupa klik install sample data sebelum anda melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Langkah terakhir install joomla. Copy dan pastekan script yang yang ada pada langkah ini di php editor dan simpan dengan nama configuration.php .

Step 8 : 
Setelah semua tahapan install joomla dilakukan maka langakah selanjutnya adalah mengupload kembali configuration.php di public_html yang anda dapat pada tahap terakhir install joomla. Setelah mengupload configuration.php anda juga harus menghapus folder instalation dari public_html.

Step 9 :
Selanjutnya web anda akan bisa dilihat dengan cara mengetikkan domain anda pada browser jika configuration.php sudah di upload dan folder installation sudah dihapus dari public_html.
Tampilan web joomla setelah anda berhasil menginstallnya.

Halaman loggin administrator.

Halaman administrator joomla. 

Semoga bermanfaat dan semoga installasi joomla anda di 000webhost berhasil.
Selamat mencoba. 

Previous
Next Post »