Mempercepat Loading Blog

Ada banyak solusi untuk mempercepat loading dari blog kita. Baik itu dengan mengurangi hiasan, tidak menambahkan ini ataupun itu, atau dengan membuat tampilan yang sederhana saja. Namun kadang kita kurang puas dengan tampilannya bila hanya sederhana saja. Apalagi yang memiliki jiwa seni yang lumayan, pasti ingin blognya tampil beda dengan yang lainnya. Nah bagaimana solusinya agar kita bisa menambahkan hiasan namun tidak begitu mempengaruhi loading...... dari blog kita?

Mungkin salah satu solusinya adalah dengan mengcompress css dari blog kita. Bagaimana caranya??? CSS blog yang dimaksud disini adalah kode yang terletak di antara kode <b:skin> dan </b:skin> yang dapat kita temukan di menu Tata Letak bagian Edit HTML. Bila telah ketemu kita copy semua tag yang ada di antara <b:skin> dan </b:skin> "ingat tag diantaranya jadi <b:skin> dan </b:skin> tidak ikut di copykan.

Setelah di copy maka kita masuk ke Web yang menyediakan menu Compress css ini, silakan klik di sini. Lalu kita pastekan kode yang telah kita copy dari blog kita. Setelah di pastekan lakukan pengaturan Compression mode : dengan memilih mode compress yang akan kita gunakan. Anda dapat memilih light, normal, atau super compect. Karena saya tidak begitu paham jadi saya pilih normal biar tidak ada masalah nantinya. Dan pilih pula di Comments handling: dengan memilih Don't Strip Any Comments agar komentar di blog dapat tampil semua.

Setelah semua dipilih barulah kita mengklik tombol Compress-it!. Tunggu sebentar dan lihat hasilnya. Setelah beres kita copy kode yang telah di compress tadi dan pastekan pada posisi yang sama di blog kita. Simpan template dan lihat perbandingannya....

Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »