Simulasi Jaringan Dengan Menggunakan Boson

Sebelum kita mengkoneksikan jaringan secara nyata, mungkin ada baiknya kita melakukan simulasi dengan program yang di desain untuk keperluan itu. Sebagai contoh dengan Boson, dengan program ini kita bisa mencoba mengkoneksikan jaringan baik itu lan, router, ataupun simulasi point-to-point. Dengan program ini kita bisa melakukan percobaan koneksi antar jaringan yang akan kita bangun. Sebagai catatan mungkin anda harus memahami konsep subneting.

Ini adalah contoh soal yang bisa kita gunakan untuk belajar mengkoneksikan sebuah jaringan, dan ini adalah soal yang di ujikan pada ujian praktik CCNA 4 di Politeknik Negeri lampung. Dan dengan soal ini sekitar 60 Mahasiswa terjegal karena tidak lulus dalam ujian praktik ini.

Gambar Jaringan yang akan di gunakan.

Dengan menggunakan gambar jaringan ini kita dapat melakukan sebuah simulasi denga menggunakan program aplikasi Boson. Mungkin yang belum memiliki program ini dapat di download di posting akoe yang ini. Setelah berhasil di download silakan install di PC anda untuk mencobanya, jangan lupa registrasikan program tersebut.

Setelah terinstal dan teregistrasikan, maka kita bisa melakukan percobaan. Untuk soal yang di atas kira-kira seperti ini tahap perancangan gambar jaringannya. Akoe coba tampilkan dalam bentuk Vidio dengan format avi, hasil dari screen recorder dengan menggunkan program Oripa.

Setelah gambar/rancangan jaringan terselesaikan maka kita baru mengkonfigurasikan jaringan dengan mengisikan IP serta yang lainnya pada Router serta PC yang di gunakan. Dan ini adalah hasil record pengisian serta configurasi yang akoe lakukan. Selamat mendownload dan mencoba....

Semoga dengan melihat, serta mempraktekannya anda bisa merancang sebuah jaringan dengan menggunkan program dari Boson. And buat rekan-rekan D3 TKJ Polinela angkatan pertama khususnya semoga ini bisa menjawab pertanyaan tentang soal yang di ujiakan pada UAS kemaren.

Buat temen-temen yang pernah aku ajar, jangan menyerah dulu. Yakinlah kalian bisa..... Buat mas Ruby yang udah belajar dengan keras (tapi harus sabar), buat Wijayani yang rela ke warnet buat belajar Boson (ongkos tutornya belum he he he he), buat Ibu Tami yang masih banyak nanya (ampek pusing jawabnya), and buat mbak Upit yang masih RTO semoga ujian ulangan nanti bisa menyelesaikan soal yang akan di berikan. Serta teman-teman yang lain yang belum bisa lulus karena soal ini. Belajar dan belajar pasti kalian bisa..
Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Anonymous
AUTHOR
Sunday, 13 July, 2008 delete

lumayan bagus jg.....

Reply
avatar