SMA Slank's Terkoneksi Ke ICT Center Lampung Selatan

SMA Slank's begitu orang-orang menyebut SMA Negeri 1 Penengahan Lampung Selatan. SMA yang letaknya di desa Kelaten ini berjarak kurang lebih 11Km dari ICT Center Lampung Selatan. Jarak yg belum pernah di jalani dalam mengkoneksikan client dari ICT Center. Di lapangan yang ada sebelumnya masih pada jarak di bawah dari 8KM. Hal ini karena Sekolah-sekolah tidak memiliki dana lebih untuk pemasangan dengan jarak yang lumayan jauh. Apalagi dalam pengkoneksian client ini menggunakan jaringan nirkabel dengan menggunakan radio wearles yang tidak begitu mahal (menyesuaikan jarak serta dana yang ada).

Pengkoneksian di SMA Slank's ini bisa d bilang hal yang menyukseskan untuk pengkoneksian client. Dan akhirnya terjawab juga keraguan yang pernah timbul sebelum semua ini berjalan. Keraguan pada jarak yang baru pertama kali di tempuh.

Memang tak semudah yang di bayangkan, akoe sendiri telah naik turun tower selama 4 hari. Dari pemasangan pemancar di ICT Center sampai pada pengaturan arah antena penerima di SMA Slank's. Tapi memang baru pertama kali mengkoneksikan client pada jarak 11KM jadi banyak sekali kendala d lapangan yang tak terduga sebelumnya. Pertama, sudut pengarahan antena pemancar serta penerima sangatlah menentukan. Kedua, ternyata gunung Rajabasa pun tak bersahabat. Karena ternyata gunung ini menjadi penghalang diantara ICT Center dengan SMA Slank's.
Ketiga, jarak 11KM terlalu jauh untuk di tempuh dengan mobil. Kalau ada kesalahan setting ga mungkin kan bolak-balik. Keempat, peralatan yang kadang membuat kesal. HaTe lagi error, GPS malah mengecoh, sebel dech he. . . . .

Namuh pada akhir cerita terkoneksinya SMA Slank's tidak langsung melalui ICT Center yang dari awal di rencanakan. Belajar dari kendala yang ada akhirnya keputusan ada pada pengalihan pemancar ke tempat lain. Akhirnya pemancar di pindahkan ke SMA Negeri 1 Palas yang telah lebih dulu terkoneksi dengan ICT Center. Setting ulang pun dilaksanakan di SMAN 1 Palas, dari setting arah antena pemancar sampai pada penyesuaian ip yang digunakan. Harapan tertumpu besar disini karena bila dengan cara ini tidak juga bisa terkoneksi maka smua pekerjaan akan siasia.

Setting juga mulai di lakukan pada antena penerima yang kini diarahkan ke pemancar dari SMAN 1 Palas. Akhirnya ada tanda-tanda yang kami harapkan, radio penerima bisa menscan sinyal dari radio pemancar. Setting pemantapan arah antenapun dimulai sampai pada akhirnya sinyal betul-betul terscan dengan sempurna. Ada 76% sinyal yang terscan.

Lega rasanya bila telah begini, lelah 4 hari diatas tower seakan lenyap. Akhirnya jarak 10KM dari SMAN 1 Palas ke SMA Slank's terkoneksi juga. . . . . .

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Anonymous
AUTHOR
Monday, 27 October, 2008 delete

Ikutan dunkz kl da proyex... Home ane di Panjang jd deket khan ma Lam-sel :)

Reply
avatar