IP Conflik

Kenapa itu terjadi?
Dalam suatu jaringan bila IP terdefinisikan maka dibutuhkan seorang admin yang memiliki record semua ip yang telah di pake agar menghindari yang namanya IP Conflik. IP Conflik terjadi bila ada satu IP dipakai oleh lebih dari satu PC atau radio wearles dalam jaringan. Ini dapat mengakibatkan erornya jaringan apalagi bila jaringan ini terkoneksi dengan internet, karena bisa jadi internetnya tidak akan bisa loading pada jaringan yang telah terjadi conflik IP.

Permasalahan ini terjadi di ICT Dinas Pendidikan Lampung Selatan, Internet yang ready pada hari rabu tiba-tiba pada hari kamis mati. Kenapa? itu pertanyaan yang timbul. Karena dilihat secara pisik alat yang terkoneksi masih dalam posisinya tidak ada perubahan sedikit pun. Jenifer, router serta radio pemancar yang ada masih dalam keadaan normal. Inipun sempat membawa kebingungan, maklum jaringan internet dari ICT telah di share ke beberapa bagian ruang dinas dengan kabel dan juga radio wearles.

Solusi yang pertama dilakukan adalah mengganti kebel penghubung antara wan router dengan output dari jenifer. Langkah ini ternyata tidak menghasilkan hal yang berarti. Masih saja pada kondisi awal yaitu ping ke jenifer tidak mendapatkan replay tetap saja RTO. Akhirnya semua jaringan di lepas dan hanya satu yang di pasang yaitu pada komputer yang dipergunakan untuk setting. Ternyata dengan menggunakan satu unit komputer semua baik-baik saja, internet pun loading dan tidak ada masalah.

Setelah merasa perbaikan sudah selesai maka semua jaringan yang di offkan tadinya kembali diposisikan on. Namun apa yang terjadi? permasalah awal kembali lagi internet kembali ngadat. Disinilah muncul kemungkinan adanya Conflik IP dalam jaringan. Kembali dioffkan beberapa jaringan yang ada untuk melakukan pengecekan. Dari percobaan beberapa jaringan yang bergantian dioffkan akhirnya ketemulah suatu masalah yaitu pada radio pemancar. Apabila radio ini dionkan (terpasang pada jaringan yang ada) internet kembali ngadat. Jadi ada client yang terkoneksi pada pemancar memiliki IP yang sama dengan Ip yang sudah ada di jaringan.

Akhinya setting dilakukan pada radio pemancar. Security pada MAC address di cek, dan semua client di offkan dari jaringan dengan mendelet semua mac addres yang terdaftar. Setelah itu kembali di coba pasang semua jaringan, dan akhirnya internet tidak ngadat lagi walo sekarang radio pemancar terpasang. Jadi dapat di tarik sebuah kesimpulan ada client yang sempat melakukan perubahan IP dan IP tersebut telah ada di jaringan.

Mungkin ini menjadi sebuah pembelajaran pembatasan IP pada client agar semua tidak dirugikan dan semua tidak akan terganggu dijaringan. Serta untuk menghindari terjadinya Conflik IP pada jaringan.

Semoga bermanfaat...
Previous
Next Post »