Install Joomla Online di 000webhost

000webhost, mungkin salah satu pilihan dari begitu banyak free hosting yang ada. Sebagai pelajar, mahasiswa atau yang lainnya 000webhost bisa menjadi tempat pembelajaran untuk mendesain, mengupload dan mengelola websites sebelum nantinya kita menggunakan fasiltas yang berbayar.
Ok dech langsung aja, bagaimana sich caranya install joomla online di 000webhost. Ada dua cara yang pernah saya coba untuk menginstall joomla secara online di 000webhost yaitu dengan cara menggunakan menu Fantastico atau dengan cara meng-upload sendiri file joomla di file manager 000webhost. Namun disini saya akan mencoba menuliskan bagaimana caranya install joomla dengan cara mengupload file joomla sendiri.
  1. Loggin pada member area 000webhost.
  2. Setelah kita loggin di member area, selajutnya kita masuk ke control panel.
  3. Pada menu control panel cari menu File Manager.
  4. Masuk ke file manager, pilih direktori public_html, hapus semua file yang ada.
  5. Setalah menghapus file-file yang ada di direktory public_html lalu kita upload file joomla kita dengan cara mengklik tombol upload.
  6. Upload seluruh file joomla dari komputer anda (menu upload sebelah kiri untuk upload file, dan menu upload sebelah kanan untuk upload folder yang di zip atau rar atau tar)
  7. Setelah semua file joomla terupload selanjutnya kita buat database untuk joomla kita. Caranya adalah anda klik menu Mysql pada control panel selanjutnya isi database_name, database_user dan juga password klik create untuk membuat database.
  8. Setelah semuanya dilakukan (upload ffile joomla dan membuat database) selanjutnya panggil alamat web anda yang didaftarkan di 000webhost pada browser. Ikuti langkah-langkah installasi joomla sampai selesai.
  9. Pada langkah terakhir jangan lupa untuk meng-copy scrip php yang diberikan. Copy dan pastekan pada editor php dan simpan dengan nama configiration.php
  10. Selanjutnya upload configuration.php yang kita dapat ke direktori public_html atau folder joomla kita. 
  11. Dan langkah selanjuntnya adalah hapus folder installation yang ada di public_html.
  12. Jika semua sudah dilakukan maka web joomla anda akan tampil dengan cara memanggil alamat web anda pada browser.
Selamat mencoba, semoga berhasil.
NB. Untuk upload file joomla pada public_html file max yang diizinkan hanya 5 MB. Untuk Packet Joomla 1.5.x tidak bisa upload sekali, tapi jika anda menggunakan Packet Joomla 1.0.x sekali upload masih bisa.
Previous
Next Post »