Redirect Situs ke Localhost

Menangani sebuah jaringan memang gampang-gampang susah, karena banyak sisi yang musti kita perhatikan terutama User. Dari sekian banyak user tentunya berbagai macam keinginan yang harus ditampung. Sebagian user tentunya ingin menggunakan jaringan secara monopoli tanpa memikirkan user yang lain. Hal-hal seperti inilah yang harus di atasi oleh seorang admin jaringan agar terjadi pemerataan dalam penggunaan jaringan.
Kejadian yang sering ditemukan pada jaringan ICT SMK Negeri 2 Kalianda adalah penggunaan internet yang belum begitu sehat. Ada sebagian user yang mengakses situs-situs yang benrtentangan dengan pendidikan pada jam aktif belajar. Hal ini tentu bisa menggangu kegiatan belajar mengajar, apalagi sampai meninggalkan jam pelajaran demi mengakses situs tersebut. Sebenarnya jaringan nirkabel yang ada di SMK Negeri 2 Kalianda sudah di setting agar user tidak bisa mengakses situs-situs yang dimaksudkan pada jam-jam pelajaran, namun karena ada satu komputer yang digunakan sebagai server Radio Streaming SMK dan menggunakan Network sharing maka filter yang dipasang pada jaringan nirkabel diabaikan pada komputer ini.
Demi mempertahankan server streaming radio smk maka satu komputer ini disetting redirect beberapa situs ke situs localhost. Untuk melakukan redirect situs ke localhost kita bisa melakukana setting file host yang ada di directori C:\WINDOWS\system32\drivers\etc. Buka file host dengan notepad ataupun wordpad, pada baris ujung tambahkan lagi situs-situs yang ingin di block atau di redirect ke localhost. Misal kita ingin me-redirect facebook maka kita tambahkan di bawah 127.0.0.1       localhost dengan 127.0.0.1    www.facebook.com.


Hasilnya adalah ketika user mengetikan address www.facebook.com maka secara otomatis akan di redirect ke localhost.
Sekian, semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »